Metro Koran

Beranda » Metro Bengkulu » Berita Kota » Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia membuat aplikasi Banjir

Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia membuat aplikasi Banjir

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 555 pengikut lainnya

Metro Koran

Ikuti saya di Twitter

Arsip


Metro Koran, Jakarta – Hujan deras yang mengguyur kota Jakarta dan sekitarnya menyebabkan beberapa lokasi digenangi banjir. Aktivitas sehari-hari pun lumpuh dan mengakibatkan kerugian ekonomi yang tidak sedikit.Ilustrasi

 Sejumlah mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia membuat suatu aplikasi bernama “Siaga Banjir”. Aplikasi buatan Fauzan Helmi Sudaryanto, Riska Fadilla, Rasmunandar Rustam, Taufan Satrio, Caraka Nur Azmi dan Enreina Annisa Rizkiasri memberikan informasi kondisi terkini 14 pintu air di Jakarta, termasuk perubahan ketinggian air dan lokasi pintu air.

Product Manager Siaga Banjir, Fauzan Helmi, menjelaskan, aplikasi Siaga Banjir mengambil data kondisi pintu-pintu air DKI Jakarta dari situs resmi Pusat Kendali Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). “Ini adalah bentuk kerja sama kami dengan Pemprov DKI yang telah mendapat persetujuan dari Pak Ahok langsung,” kata Fauzan, seperti dilansir laman UI, Jumat (13/2/2015).

Aplikasi Siaga Banjir dilengkapi dengan tiga fitur utama yaitu, peta lokasi banjir Jakarta, database posko bantuan banjir, dan notifikasi banjir berdasarkan lokasi. Jadi diharapkan, Aplikasi Siaga Banjir dapat memberikan peringatan dini bagi pengguna berdasarkan tempat tinggal mereka.

Siaga Banjir dapat diakses melalui alamat http://siagabanjir.org. Aplikasi ini dapat digunakan di semua media komunikasi dengan platform Android serta dapat diunduh secara gratis di Google Play.

 

Iklan

 

Flag Counter

Blog yang Saya Ikuti

The Daily Post

The Art and Craft of Blogging

Denna Mitra Indonesia

Layanan Bantuan Perumahan, Konsultasi Dan Pusat Informasi Perumahan (Dmi Property Agency)

Metro Koran

Berita Seputar Bengkulu dan Indonesia, Fakta Itu Nyata

Ilmu Hukum

Berbagi Penyelesaian Masalah Untuk Anda

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d blogger menyukai ini: