Metro Koran

Beranda » Metro Bengkulu » Berita Kota » Rumah Bung Karno Akan Diperbaiki

Rumah Bung Karno Akan Diperbaiki

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 555 pengikut lainnya

Metro Koran

Ikuti saya di Twitter

Arsip


 
Rumah Bung Karno Akan Diperbaiki

BENGKULU (METRO) – Rumah Bung Karno ketika menjalani masa pengasingan di Bengkulu pada 1938-1942, akan dilakukan perbaikan pada 2013. Ini dilakukan agar rumah bernilai sejarah ini tetap lestari sepanjang masa.

“Kami sudah diminta untuk survei material seperti kayu dan lainnya untuk mengganti kusen yang sudah lapuk,” katanya Sugra Hanudin ketika ditemui Antara, di Rumah Bung Karno di Kelurahan Anggut Kota Bengkulu, Jumat.

Ia mengatakan, cagar budaya yang berada di bawah pengelolaan Balai Pelestarian Cagar Budaya Jambi itu diperbaiki menggunakan dana APBN. Kondisi bangunan rumah bersejarah itu, sudah mendesak untuk diperbaiki, karena hampir 80 persen kusennya harus diganti, termasuk beberapa jendela sudah tidak bisa dibuka karena kayunya sudah lapuk.

Ia mengatakan, perbaikan terakhir rumah bersejarah itu dilaksanakan pada 2001, setelah gempa besar berkekuatan 7,4 skala Richter melanda Bengkulu.
Sementara pemugaran rumah yang dulu merupakan milik seorang saudagar China itu dilakukan pada 1985.

Selain kusen dan kunci-kunci seluruh pintu dan jendela, perbaikan juga akan dilakukan terhadap kanopi sebelah kiri bangunan. “Untuk mengganti kayu kusen, seluruh atap akan dibuka dulu sehingga perbaikan ini diperkirakan membutuhkan waktu sekitar tiga bulan,” katanya.

Selama perbaikan kata dia, objek wisata sejarah yang menjadi andalan Kota Bengkulu itu tidak akan ditutup untuk umum, meski akan cukup mengganggu pengunjung.
“Kalau ditutup justru pengunjung akan kecewa, terutama yang datang dari luar kota,” ujarnya.

Kepala Seksi Pelindungan, Pengembangan dan Pemanfaatan Balai Pelestarian Cagar Budaya Jambi Rusmeijani Setyorini mengatakan, perbaikan Rumah Bung Karno memang masuk dalam APBN di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.”Namun anggaran itu masih ada tanda bintang, belum tahu kapan akan direalisasikan,” katanya.(rga)

 

 

Flag Counter

Blog yang Saya Ikuti

The Daily Post

The Art and Craft of Blogging

Denna Mitra Indonesia

Layanan Bantuan Perumahan, Konsultasi Dan Pusat Informasi Perumahan (Dmi Property Agency)

Metro Koran

Berita Seputar Bengkulu dan Indonesia, Fakta Itu Nyata

Ilmu Hukum

Berbagi Penyelesaian Masalah Untuk Anda

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d blogger menyukai ini: