Metro Koran

Beranda » Metro Bengkulu » Berita Daerah » Rejang Lebong Mendapat Jatah Pembuatan 60 KBR

Rejang Lebong Mendapat Jatah Pembuatan 60 KBR

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 555 pengikut lainnya

Metro Koran

Ikuti saya di Twitter

Arsip


 

Rejang Lebong Mendapat Jatah Pembuatan 60 KBR
CURUP (METRO) – Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, pada tahun 2013 mendapat jatah pembuatan 60 kebun pembibit rakyat (KBR) dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Bengkulu. Dana pembuatan KBR sebanyak itu sebesar Rp 3 miliar atau Rp 50 juta per KBR.
Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Rejang Lebong, Anom Chan, di Bengkulu mengatakan, 60 unit KBR itu, akan dialokasikan di sejumlah kecataman yang ada di Rejang Lebong.

“Jika tidak ada aral melintang pada Juli mendatang program KBR mulai dilaksanakan di Rejang Lebong. Dana KBR sebesar Rp 50 juta ini, akan kita salurkan langsung ke rekening masing-masing KBR di daerah ini,” ujarnya.

Untuk setiap KBR diwajibkan membuat berbagai jenis bibit tanaman penghijauan dan buah-buahan sebanyak 25.000 batang. Khusus untuk bibit buah-buahan akan disesuai dengan kondisi daerah setempat.

Anom Chan mengatakan, program KBR ini diluncurkan Kementerian Kehutanan (Kemenhut) dalam rangka merehabilitasi dan pengelolaan hutan secara terencana dan terarah.

Bibit KBR yang diproduksi masyarakat akan ditanam dalam kegiatan rehabilitasi hutan dan lahan kritis pada tahun 2013, di sejumlah lokasi di Kabupaten Rejang Lebong.

Bibit kayu yang akan diproduksi KBR berupa jenis bambang lanang dan jenis kayu berkualitas lainnya. Sedangkan untuk bibit tanaman buah-buahan, di antaranya jenis alpukat dan pala. Sebab, kedua jenis tanaman buah-buahan ini sangat cocok di kembangkan di Kabupaten Rejang Lebong, katanya.

Sementara itu, Kepala BPDAS Bengkulu, Sumarsono mengatakan, pada tahun 2013, akan dibentuk sebanyak 300 unit KBR di daerah ini. 60 unit di antaranya akan dialokasikan di Kabupaten Rejang Lebong.

Sedangkan sisanya sebanyak 240 KBR lagi, akan disebar di sembilan kabupaten dan kota di Bengkulu. Masing-masing KBR akan mendapat dana sebesar Rp 50 juta dengan memproduksi bibit tanaman penghijauan dan buah-buah sebanyak 25.000 batang.

“Sekarang program ini sedang dalam persiapan dan kita upayakan pada Juli mendatang, sudah bisa direalisasikan di seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu,” ujarnya.

Sumarsono menambahkan, pembuatan KRB di masing-masing kabupaten dan kota akan dilaksanakan oleh berkelompok. Sedangkan pembentukan kelompok di lakukan oleh kabupaten dan kota.

“Yang jelas, kelompok yang kita percayakan untuk melaksanakan KBR sudah melalui verifikasi yang ketat. Kita berharap kelompok ini benar-benar dalam melaksanakan KBR di daerahnya, sehingga sasaran pembuatan bibit penghijuan dan tanaman buah-buahan sebanyak 25.000 batang dapat direalisasikan dengan baik,” ujarnya.(rga)

 

Flag Counter

Blog yang Saya Ikuti

The Daily Post

The Art and Craft of Blogging

Denna Mitra Indonesia

Layanan Bantuan Perumahan, Konsultasi Dan Pusat Informasi Perumahan (Dmi Property Agency)

Metro Koran

Berita Seputar Bengkulu dan Indonesia, Fakta Itu Nyata

Ilmu Hukum

Berbagi Penyelesaian Masalah Untuk Anda

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d blogger menyukai ini: