Metro Koran

Beranda » Metro Bengkulu » Berita Daerah » Mayoritas Masjid di Mukomuko Tidak Menghadap Kiblat

Mayoritas Masjid di Mukomuko Tidak Menghadap Kiblat

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 555 pengikut lainnya

Metro Koran

Ikuti saya di Twitter

Arsip


Mayoritas Masjid di Mukomuko Tidak Menghadap Kiblat
MUKOMUKO (METRO) – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengatakan mayoritas posisi bangunan Masjid maupun Mushola di daerah itu tidak menghadap kiblat.
“Kami perhatikan, baik itu bangunan lama maupun yang baru, posisi bangunannya tidak pas menghadap kiblat,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Mukomuko, Hamdani, di Mukomuko, seperti dilansir antara Rabu.
Meski demikian, shaf di dalam masjid itu yang digeser sehingga menghadap kiblat, namun konsekuensinya ada bagian dalam bangunan itu yang kosong karena pergeseran shaf tersebut.

Seharusnya, sejak awal bangunan masjid diatur supaya menghadap kiblat agar tidak ada ruang yang kosong di dalam masjid tersebut. “Bangunan yang tidak mesti menghadap kiblat itu seperti rumah dan kantor pemerintahan, tapi kalau masjid dan musolah harus menghadap kiblat,” ujarnya.
Ia menambahkan, bangunan masjid tidak menghdapi kiblat merupakan kesalahan awal saat masjid dibangun karena tidak pernah berkordinasi dengan Kemenag setempat. Seharusnya, sebelum masjid dibangun ada kordinasi dengan Kemenag setempat agar posisi bangunan masjid itu diukur sehingga menghadap kiblat.

Sebelumnya, Badan Hisab dan Rukyat Kemenag setempat menemukan hampir mayoritas masjid yang digeser posisi shafnya karena bangunan masjid tidak menghadap kearah kiblat.

Kemenag Mukomuko mengimbau warga agar berkordinasi dengan pihaknya sebelum membangun masjid, sehingga posisi bangunan masjid benar-benar menghadap kiblat. Dengan demikian, tidak ada ruangan kosong yang ada di dalam masjid tersebut.(rga)

 

 

Flag Counter

Blog yang Saya Ikuti

The Daily Post

The Art and Craft of Blogging

Denna Mitra Indonesia

Layanan Bantuan Perumahan, Konsultasi Dan Pusat Informasi Perumahan (Dmi Property Agency)

Metro Koran

Berita Seputar Bengkulu dan Indonesia, Fakta Itu Nyata

Ilmu Hukum

Berbagi Penyelesaian Masalah Untuk Anda

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d blogger menyukai ini: