Metro Koran

Beranda » Metro Bengkulu » Berita Daerah » Luas Perkebunan Rakyat di Mukomuko Didata Ulang

Luas Perkebunan Rakyat di Mukomuko Didata Ulang

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 555 pengikut lainnya

Metro Koran

Ikuti saya di Twitter

Arsip


Luas Perkebunan Rakyat di Mukomuko Didata Ulang
MUKOMUKO (METRO) – Luas perkebunan rakyat di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan didata ulang oleh Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan setempat. Ini dilakukan untuk memastikan luas kebun masyarakat secara pasti di daerah ini.
“Berdasarkan data lama luas perkebunan rakyat di daerah ini mencapai 103.000 hektare, tapi sekarang luasnya sudah bertambah karena masyarakat yang membuka kebun baru juga bertambah,” kata Kabid Perkebunan Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan (DP3K) Kabupaten Mukomuko, Budi Yanto kepada Antara di Mukomuko, Sabtu (8/6).

Meski demikian, data pertambahan luas perkebunan rakyat di Mukomuko, sampai sekarang belum tercatat di DP3K setempat. Karena itu, tahun ini, DP3K melakukan pendataan luas kebun masyarakat, sehingga luas perkebunan rakyat dapat diketahui dengan pasti.

Selama ini, DP3K Mukomuko mengetahjui kalau luas perkebunan rakyat bertambah dari pihak swasta, karena mereka melakukan survei dengan tujuan membangun pabrik kelapa sawit di daerah ini.

Dari hasil survei swasta itu, diketahui luas perkebunan rakyat diperkirakan hampir mendekati 150.000 hektare. Namun, DP3K Mukomuko tidak sepenuhnya menerima data survei itu karena bisa saja survei itu tidak disertai dengan pengecekan ke lokasi sehingga tidak diketahui luas lahan termasuk komoditinya.

Untuk melakukan pengukuran perkebunan rakyat tersebut, DP3K Mukomuko telah mengusulkan dana di APBD perubahan tahun 2013. “Usulan dana itu untuk kegiatan sensus perkebunan guna mengetahui luas perkebunn masyarakat, termasuk jenis komoditi yang mereka tanam.

Untuk melaksanakan sensus perkebunan ini, pihaknya membutuhkan biaya besar, karena melibatkan beberapa pihak, termasuk kepala desa setempat. Namun, dia tidak menjelaskan total dana yang diusulkan DP3K di APBD-P tersebut.(ys/rga)

 

 

Flag Counter

Blog yang Saya Ikuti

The Daily Post

The Art and Craft of Blogging

Denna Mitra Indonesia

Layanan Bantuan Perumahan, Konsultasi Dan Pusat Informasi Perumahan (Dmi Property Agency)

Metro Koran

Berita Seputar Bengkulu dan Indonesia, Fakta Itu Nyata

Ilmu Hukum

Berbagi Penyelesaian Masalah Untuk Anda

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d blogger menyukai ini: