Metro Koran

Beranda » Metro Bengkulu » Berita Kota » Pedagang Pasar Subuh Langgar Komitmen Sendiri

Pedagang Pasar Subuh Langgar Komitmen Sendiri

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 555 pengikut lainnya

Metro Koran

Ikuti saya di Twitter

Arsip


Pedagang Pasar Subuh Langgar Komitmen Sendiri
BENGKULU (METRO) – Program Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu merelokasi pedagang pasar subuh ke pasar Baru Koto II, sampai saat ini terus berlangsung, setelah Wali Kota dan FKPD sempat berdialog dan menghasilkan kesepakatan bersama dengan para pedagang pasar subuh pada 15 Mei lalu di Masjid As Salamah KZ. Abidin. Pasar-SubuhNamun, kesepakatan dan kometmen tersebut justru dilanggar sendiri oleh para pedagang pasar subuh.
Adapun isi kesepakatan yang ditandatangani oleh Wali Kota Bengkulu, unsur FKPD, dan ratusan pedagang pasar subuh tersebut, yakni tidak berjualan melebihi jam 08.00 WIB, dan membersihkan lingkungan tempat berjualan sendiri sehingga tidak kotor dan mengganggu para pengguna jalan. Dalam dialog tersebut, Wali Kota Helmi memberikan tenggang waktu selama satu minggu terhitung mulai tanggal 15 Mei 2013.

Namu, dari hasil pemantauan kami di lapangan ternyata masih ada pedagang pasar subuh yang berjualan melewati waktu yang ditentukan dalam perjanjian tersebut. Selain itu, pedagang tidak membersihkan sampah di sekitar tempat mereka berjualan. “”Kami punya bukti visualisasi aktivitas itu melalui foto-foto,” kata Kabag Humas Pemkot Bengkulu, Suryawan Halusi, di Bengkulu, Sabtu (1/6) sembari memperlihatkan foto aktifitas pedagang pasar subuh pada tanggal 22-26 Mei yang melanggar komitmen tersebut.

Lebih lanjut Suryawan menjelaskan, dengan bukti-bukti foto tersebut, maka tidak sepantasnya jika ada pihak yang mengatakan Pemkot Bengkulu bersalah dalam relokasi para pedagang pasar tersebut. Buktinya, sekarang pedagang pasar subuh yang melanggar komitmennya sendiri.

“Yang kami pertanyakan kesalahan Pemkot Bengkulu itu, apa? Kami sudah berapa kali melakukan dialog bersama pedagang, terakhir pada tanggal 15 Mei lalu di Mesjid As Salamah, Pak Wali sudah memberikan banyak tenggang waktu kepada para pedagang, dan sekarang pedagang pasar subuh telah melanggar komitmennya sendiri,” ujarnya.

Meski demikian, lanjut Suryawan, Wali kota dalam waktu dekat ini berencana akan mengumpulkan pedagang pasar subuh untuk kembali mengevaluasi dan mencari solusi terbaik. “Jika seperti ini, apakah harus didiamkan, pemkot sudah memberikan waktu, tapi kenyataanya, pasar subuh masih kotor, gerobak-gerobak milik pedagang disimpan dibalik seng, sehingga menimbulkan pemandang yang kurang baik.

Suryawan kembali menegaskan, Wali Kota Bengkulu tidak ada kepentingan dan memihak kepada pembangunan pasar minggu square. Jika ada mahasiswa atau pihak-pihak yang mengatakan relokasi dilakukan dengan tidak matang, itu tidak benar karena program relokasi pedagang pasar subuh ke Baru Koto II sudah diprogramkan sejak zaman Wali Kota Chalik Effendi (Alm).

“Jika relokasi ini dibilang tidak matang, hal itu tidak benar, justru sudah dilakukan secara matang. Bahkan Wali Kota Bengkulu telah menyiapkan bantuan Rp50 juta untuk koperasi pedagang di Baru Koto II,” ujarnya.

Padahal, pasar Baru Koto II lebih representatif, memiliki fasilitas lengkap, dan dimasuki jalur angkot. Jika pedagang sudah pindah semua, maka pembeli akan ramai datang ke pasar tersebut. “Dimana ada semut disitu ada gula.

Disi lain, Kajari Suryanto menilai jika yang terjadi dilapangan tidak sesuai dengan komitmen, itu berarti pedagang pasar subuh telah melanggar komitmen. “Jika yang terjadi dilapangan seperti itu, itu berarti pedagang pasar subuh telah melanggar komitmennya sendiri,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua BMA Kota Bengkulu, S. Effendi, mengatakan, seharusnya pedagang harus sama-sama menghormati komitmen. “Jika pedagang melanggar komitmen, ya…seharusnya dengan sadar pedagang pasar subuh pindah ke Baru Koto II, pedagang harus patuhi komitmennya,” ujarnya.(Juliyanti)

 

Flag Counter

Blog yang Saya Ikuti

The Daily Post

The Art and Craft of Blogging

Denna Mitra Indonesia

Layanan Bantuan Perumahan, Konsultasi Dan Pusat Informasi Perumahan (Dmi Property Agency)

Metro Koran

Berita Seputar Bengkulu dan Indonesia, Fakta Itu Nyata

Ilmu Hukum

Berbagi Penyelesaian Masalah Untuk Anda

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d blogger menyukai ini: