Metro Koran

Beranda » Metro Bengkulu » Berita Kota » KPU Diminta Tegas Soal Jatah Perempuan

KPU Diminta Tegas Soal Jatah Perempuan

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 555 pengikut lainnya

Metro Koran

Ikuti saya di Twitter

Arsip


KPU Diminta Tegas Soal Jatah Perempuan
BENGKULU (METRO) – Koordinator Jaringan Peduli Perempuan Bengkulu (JPPB), Wahyu Widiastuti meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu tegas dan benar-benar menegakkan aturan tentang keterwakilan 30 persen perempuan dalam daftar calon anggota legislatif pada Pemilu 2014 mendatang.KPU-LOGO

Wahyu Widiastuti mengatakan hal itu dalam forum diskusi dengan tema “Menyelamatkan suara perempuan dalam Pemilu 2014” di Sekretariat Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) Bengkulu, Jumat kemarin. Diskusi yang dihadiri sejumlah anggota organisasi perempuan di Bengkulu itu juga menghadirkan Komisioner KPU Provinsi Bengkulu Siti Baroroh.

Menurut dia, selain pihaknya mendesak KPU agar menegakkan perundang-undangan tentang keterwakilan perempuan, dalam diskusi tersebut juga disimpulkan bahwa peningkatan pendidikan politik bagi perempuan sangat penting ditingkatkan.

“Karena sampai saat ini partai politik juga ternyata alpa dalam memberikan pendidikan politik kepada kader perempuan,” kata dosen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bengkulu itu, sebagaimana dikutif dari antara, Sabtu.

Seharusnya kata dia, Badan Pemberdayaan Perempuan yang sudah dibentuk pemerintah juga fokus pada peningkatan kapasitas dan pengetahuan politik kaum perempuan. Sehingga tidak terjadi seperti yang diungkapkan Sekretaris Wilayah KPI Bengkulu, Irna Riza, bahwa keikutsertaan perempuan dalam agenda politik atau pesta demokrasi saat ini baru sebatas pelengkap.

“Artinya hanya dipandang sebagai objek untuk memenuhi persyaratan 30 persen keterwakilan perempuan,” katanya sembari menambahkan para calon anggota legislatif perempuan yang direkrut partai politik banyak yang instan atau bahkan dadakan.

Komisioner KPU Provinsi Bengkulu Siti Baroroh mengatakan pada proses verifikasi, bagi calon anggota legislatif perempuan yang tidak lengkap persyaratannya dikembalikan ke partai dan jika memang dilakukan pergantian, tetap diganti oleh bakal caleg perempuan.

“Hasil evaluasi kami hingga saat ini, keterwakilan perempuan ini memang menjadi catatan khusus, bagi partai yang belum melengkapi syarat keterwakilan, kami langsung surati,” katanya tanpa menyebut sanksi bagi Parpol yang tidak memenuhi jatah keterwakilan perempuan dalam daftar bacaleg partai bersangkutan. (ms)

 

 

Flag Counter

Blog yang Saya Ikuti

The Daily Post

The Art and Craft of Blogging

Denna Mitra Indonesia

Layanan Bantuan Perumahan, Konsultasi Dan Pusat Informasi Perumahan (Dmi Property Agency)

Metro Koran

Berita Seputar Bengkulu dan Indonesia, Fakta Itu Nyata

Ilmu Hukum

Berbagi Penyelesaian Masalah Untuk Anda

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d blogger menyukai ini: