Metro Koran

Beranda » Metro Bengkulu » Berita Kota » DPRD Bengkulu Minta Perda IMB Direvisi

DPRD Bengkulu Minta Perda IMB Direvisi

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 555 pengikut lainnya

Metro Koran

Ikuti saya di Twitter

Arsip


DPRD Bengkulu Minta Perda IMB Direvisi
BENGKULU (METRO) – DPRD Kota Bengkulu, minta Dinas Tata Kota setempat segera mengajukan revisi peraturan daerah (Perda) tentang izin mendirikan bangunan (IMB).
“Kita mengharapkan Dinas Tata Kota Bengkulu segera menyampaikan revisi Perda IMB kepada dewan, sehingga masalah ini bisa kita bahas secepatnya,” kata Sekretaris Komisi II DPRD Kota Bengkulu, Evi Permatasari, di Bengkulu, Sabtu (1/6).
Ia mengatakan, ketika dewan melakukan hearing dengan Dinas Tata Kota Bengkulu, masih banyak ditemukan pemilik bangunan belum memperbarui IMB. Padahal, bangunan mereka telah berdiri lima tahun.
Sesuai ketentuan IMB harus diperbaruhi setiap lima tahun sekali. Namun, setelah kami telusuri ternyata IBM belum mempunyai dasar hukum berupa perda yang mengatur tentang memperbaruhi izin IMB ke Dinas Tata Kota Bengkulu.

Karena itu, DPRD Kota Bengkulu minta Dinas Tata Kota Bengkulu segera mengajukan revisi perda tetang IMB. Revisi perda nanti akan memasukan poin yang mengatur izin penggunaan bangunan merupakan langkah penting untuk menekan kebocoran pendapatan daerah dari segi retribusi daerah.

“Izin penggunaan bangunan itu retribusinya besar sekali, seperti pusat perbelanjaan yang ada itu bisa miliaran retribusinya, belum tower-tower, dan kita Kota Bengkulu pemasukan utama daerah berasal dari retribusi,” katanya seperti dilansir Antara.

Dijelaskan, dari dengar pendapat diketahui tiga pusat perbelanjaan terbesar di Kota Bengkulu belum memperbaharui izin penggunaan bangunan yang telah berakhir pada tahun 2010, 2011 dan 2012.

Kepala Dinas Tata Kota Bengkulu, Yalinus membenarkan bahwa ada beberapa izin penggunaan bangunan yang belum diperbaharui oleh penggunanya.

“Saya juga baru mengetahui karena saya baru di tata kota, memang ada dan juga ada tower yang belum mempunyai IPB, namun untuk keseluruhannya belum kita rekap,” ujarnya.

Terkait saran anggota DPRD Kota Bengkulu, Yalinus mengatakan secepatnya akan menyiapkan konsep IPB yang nantinya akan di masukkan ke dalam Perda IMB.

“Secepatnya akan kita siapkan, besok langsung kita siapkan kajian hukumnya, karena kita juga sudah merancangnya beberapa hari yang lewat,” katanya.(rga)

 

 

Flag Counter

Blog yang Saya Ikuti

The Daily Post

The Art and Craft of Blogging

Denna Mitra Indonesia

Layanan Bantuan Perumahan, Konsultasi Dan Pusat Informasi Perumahan (Dmi Property Agency)

Metro Koran

Berita Seputar Bengkulu dan Indonesia, Fakta Itu Nyata

Ilmu Hukum

Berbagi Penyelesaian Masalah Untuk Anda

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d blogger menyukai ini: