Metro Koran

Beranda » Metro Bengkulu » Berita Kota » RSU Kota Bengkulu Ditargetkan Beroperasi Akhir 2013

RSU Kota Bengkulu Ditargetkan Beroperasi Akhir 2013

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 555 pengikut lainnya

Metro Koran

Ikuti saya di Twitter

Arsip


RSU Kota Bengkulu Ditargetkan Beroperasi Akhir 2013
BENGKULU (METRO) – Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Bengkulu, ditargetkan Dinkes setempat beroperasi pada akhir 2013.
“Kami usahakan semua syarat dan proses rehab selesai dalam tiga sampai empat bulan ini, sehingga akhir 2013 rumah sakit kota telah berfungsi,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bengkulu, Edriwan M, di Bengkulu, Sabtu (1/6).
Ia mengatakan, bangunan bekas kantor DPRD Kota Bengkulu, yang akan dijadikan RSU, saat ini dalam tahap pemugaran untuk direhabilitasi layaknya sebuah rumah sakit, dan ditargetkan sebelum akhir Desember sudah tuntas.
Pekerjaan pemugaran bangunan lama untuk dijadikan kamar tempat perawatan pasien dan ruangan yang diperlukan sebuah rumah sakit.

Sedangkan untuk proses administrasi, menurutnya beberapa persyaratan untuk mendirikan rumah sakit kota telah selesai, namun ada beberapa administrasi yang saat ini masih dalam proses pengurusan.

“Secara fisik telah dimulai, dan secara administratif kami sudah mengurus izinnya dan nanti akan dilengkapi dengan perda maupun perwal,” ujarnya.

RSU Kota Bengkulu merupakan terobosan karena rumah sakit tersebut, akan memiliki nilai persentase tingkat penggunaan tempat tidur (BOR) yang sangat tinggi.

“Coba kita lihat Rumah Sakit M Yunus, nilai BOR-nya dari sumber Kementerian Kesehatan itu sekarang 97 persen, sedangakan normalnya tingkat hunian harusnya 70 persen. Artinya dari kenyataan kalau masuk rumah sakit ada daftar tunggunya,” ujarnya.

Dengan adanya rumah sakit kota, lanjutnya, akan dapat mengurangi risiko penuhnya tingkat hunian rumah sakit.
Rumah Sakit Kota Bengkulu diajukan ke Kementerian Kesehatan berupa rumah sakit dengan tipe D yang akan didesain awal dengan kamar inap lebih kurang sebanyak 20 kamar.

“Kita mulai dari bawah dulu, nanti setelah penilaian bisa beralih ke tipe C atau tipe B. Untuk daya tampung pasien kemungkinan 20 sampai 50 orang,” ujarnya.

Saat ini, untuk membangun RS Kota Bengkulu telah dianggarkan dana Rp1 miliar dengan model rumah sakit bertumbuh. “Ke depannya kita usahakan dapat anggaran baik dari APBD, APBDP, APBN maupun APBNP,” tambahnya seperti dilansir Antara.

Sedangkan tenaga medis rumah sakit akan diisi oleh beberapa dokter spesialis, dokter bedah serta dokter umum yang ada di Bengkulu. “”Nanti pada bulan Juni kami akan melakukan penerimaan empat dokter PTT. Untuk dokter lainnya kami akan berdayakan dokter yang ada di puskesmas-puskesmas. Demikian juga dengan paramedis, akan diberdayakan sebanyak 50 orang,” ujarnya.(rga)

Flag Counter

Blog yang Saya Ikuti

The Daily Post

The Art and Craft of Blogging

Denna Mitra Indonesia

Layanan Bantuan Perumahan, Konsultasi Dan Pusat Informasi Perumahan (Dmi Property Agency)

Metro Koran

Berita Seputar Bengkulu dan Indonesia, Fakta Itu Nyata

Ilmu Hukum

Berbagi Penyelesaian Masalah Untuk Anda

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d blogger menyukai ini: