Metro Koran

Beranda » Metro Bengkulu » Berita Kota » Tata Kelola Keamanan di Laut Perlu Pembenahan

Tata Kelola Keamanan di Laut Perlu Pembenahan

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 555 pengikut lainnya

Metro Koran

Ikuti saya di Twitter

Arsip


BENGKULU (METRO) – Indonesia sebagai negara Maritim perlu melakukan pembenahan tata kelola keamanan dan keselamatan di laut.
01Demikian diungkapkan Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Laksamana Madya TNI Bambang Suwarto yang di wakili oleh Laksamana pertama Satria F Maseo dalam diskusi Group Kamla ke-9, yang di gelar di salah satu hotel berbintang di Bengkulu, belum lama ini.
Ia mengatakan, saat ini ada 12 instansi yang memiliki kewenangan penegakan hukum di laut dengan ego sektoral yang mendominasi, sehingga implementasi di lapangan kurang efektif.

Ditambahkan keamanan dan keselamatan laut harus ditangani maksimal di dalam bentuk kelembagaan yang pas. Sebab, dengan banyaknya institusi terkait justru membuat implementasi penanganan keamanan dan keselamatan maritim menjadi tidak efisien dan efektif.

Hal ini terjadi karena tidak adanya koordinasi yang baik dengan sejumlah instansi di masing-masing lembaga yang memiliki kewenangan dalam menjaga keselamatan dan keamanan di laut.

“Hal seperti ini harus diubah sehingga kordinasi dalam penangganan keselamatan dan keamanan di laut dapat terpelihara dengan baik,” ujarnya.

Meski demikian, sejauh ini penangganan wilayah laut sudah dilakukan dikoordinasi oleh Bakorkamla dengan fondasi yang cukup kuat, tapi belum berjalan sesuai yang diharapkan. Karena itu, ke depan istansi terkait dalam penangganan keselamatan dan keamanan di laut harus menghilangkan ego sektoral dan dalam menegakkan hukum harus tegas,” ujarnya.

Diskusi tersebut menampilkan beberapa orang nara sumber, di antaranya Brigjen Pol(Purn) E.H Allagan. Dalam kesempatan itu, dia berharap kedepan kondisi keamanan laut di wilayah NKRI bisa terbebas dari berbagai ancaman yang dapat membahayakan ekosistem laut maupun nelayan yang tengah berlayar, serta ancaman pelanggaran hukum.

Bagi masyarakat yang ingin melaporkan tindakan pelanggaran hukum maupun hal yang dapat berdampak buruk terhadap laut bisa menyampaikan langsung ke call center Bakorkamla RI (021)500-500/127 bebas pulsa.

Dengan adanya informasi dari masyarakat, maka keamanan dan keselamatan laut akan terjaga dengan baik, seperti apa yang kita semua harapkan,” katanya.(btr)


2 Komentar

  1. Should mingle a helpful ECA stack by way of a well-balanced mix of diet and
    exercise, the might possibly hold an encouraging likelihood of recovering control button well over particular extra, and you could hold
    the impacts of a complete sleeker, clipper, more lean shape.
    If, coffee, caffeinated drinks, cappuccino or possibly diner cappacino break but also make hosts are regarded as becoming
    an combination espresso maker as they definitely develop the
    aspect and earn some other sort of capuccino including gourmet coffee, coffees, cappuccino or simply restaurant cappuccino.

    This diet program easily becomes a each day, ever
    increasing by way of simples works such as trekking you will discover secure burning fat with little effort required.
    It really is a distinct heartfelt gift you can preserve for a long time.

Komentar ditutup.

Flag Counter

Blog yang Saya Ikuti

The Daily Post

The Art and Craft of Blogging

Denna Mitra Indonesia

Layanan Bantuan Perumahan, Konsultasi Dan Pusat Informasi Perumahan (Dmi Property Agency)

Metro Koran

Berita Seputar Bengkulu dan Indonesia, Fakta Itu Nyata

Ilmu Hukum

Berbagi Penyelesaian Masalah Untuk Anda

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d blogger menyukai ini: