Metro Koran

Beranda » Metro Bengkulu » Berita Kota » Pembangunan Labter Enggano Selesai 2013

Pembangunan Labter Enggano Selesai 2013

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 555 pengikut lainnya

Metro Koran

Ikuti saya di Twitter

Arsip


Pembangunan Labter Enggano Selesai 2013
BENGKULU (METRO) – Pembangunan lapangan terbang di Desa Banjarsari, Kecamatan Enggano, diperkirakan selesai pada akhir 2013 dengan panjang landasan sekitar 900 meter. Demikian dikatakan Plt Kepala Bandar Udara Fatmawati Soekarno Bengkulu,Subar Jayani, di Bengkulu, Jumat kemarin.05
Ia mengatakan, pada tahun anggaran 2012 dialokasi dana sebesar Rp9 miliar untuk pengaspalan tahap pertama bandara tersebut sepanjang 300 meter, dan pada 2013 kembali dianggarkan sekitar Rp10 miliar untuk menuntaskan pembangunan bandara tersebut.
Ia mengatakan tingginya biaya pembangunan lapangan terbang (lapter) di Pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, itu karena semua material diangkut dari Kota Bengkulu dengan jarak 97 mil.

Di pulau terpencil itu, tidak ada matrial batu pasir yang standar, sehingga didatangkan dari Kota Bengkulu dengan transportasi satu-satunya adalah kapal printis.

Pembukaan awal Bandara Enggano itu dilakukan tahun 2008 dengan penebasan lahan sepanjang 10.000 meter dengan lebar 50 meter, menghabiskan dana sebesar Rp700 juta, tahun berikutnya dianggarkan dana Rp7 miliar untuk pengerasan landasan.

Pembangunan lapangan terbang printis di Pulau Enggano itu dalam rangka mempertahan aset pulau terpencil dan mempercepat mobilisasi warga saat terjadi bencana.

Selama ini mobilisasi warga daerah itu hanya menggunakan kapal laut, terlebih wilayah pantai Barat Bengkulu rawan gempa bumi maka keberadaan lapangan terbang tersebut sangat dibutuhkan.

Pada pembangunan tahap kedua tahun 2010 ini yaitu persiapan lahan dengan menghabiskan dan Rp7,5 miliar dan tahun 2011 ditingkatkan mulai pengaspalan.

Bila lapangan terbang tersebut sudah selesai maka transportasi ke pulau terpencil itu tidak hanya dilakukan dengan kapal laut, tapi bisa menggunakan jasa pesawat udara.

Jarak tempuh melalui transportasi laut ke pulau Enggano akan memakan waktu 12 jam, namun menggunakan pesawat bisa ditempuh 30 menit.

Pembangunan lapangan terbang di Enggano itu dikerjaka PT Roda Teknik dengan menggunakan matrial bahan bangunan dari Kota Bengkulu, karena di wilayah itu tidak terdapat batu kali dan hanya ada karang, katanya seperti dilansir Antara.

Sementara itu, Kepala Dinas Pehubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Bengkulu Eko Agusrianto mengatakan, pembangunan lapangan terbang di Enggano itu untuk memperlancar transportasi udara ke daerah itu.

Pulau Enggano rencananya akan dijadikan proyek nasional yaitu lokasi peluncuran roket di wilayah Barat Sumtera, karena lokasinya sekitar 97 mil dari Kota Bengkulu, ujarnya.(rga)

 


4 Komentar

  1. What’s up, its good piece of writing concerning media print, we all be familiar with media is a impressive source of information.

  2. camping mengatakan:

    If you are going for finest contents like me, just
    visit this site every day for the reason that it gives feature
    contents, thanks

Komentar ditutup.

Flag Counter

Blog yang Saya Ikuti

The Daily Post

The Art and Craft of Blogging

Denna Mitra Indonesia

Layanan Bantuan Perumahan, Konsultasi Dan Pusat Informasi Perumahan (Dmi Property Agency)

Metro Koran

Berita Seputar Bengkulu dan Indonesia, Fakta Itu Nyata

Ilmu Hukum

Berbagi Penyelesaian Masalah Untuk Anda

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d blogger menyukai ini: