Metro Koran

Beranda » Metro Bengkulu » DPRD Desak DPU Bengkulu Perbaiki Jalan

DPRD Desak DPU Bengkulu Perbaiki Jalan

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 555 pengikut lainnya

Metro Koran

Ikuti saya di Twitter

Arsip


DPRD Desak DPU Bengkulu Perbaiki Jalan
BENGKULU (METRO) – Sejumlah Anggota Komisi III DPRD Provinsi Bengkulu, mendesak pemerintah setempat untuk mempercepat perbaikan jalan rusak di daerah ini. Desakan ini disampaikan karena sudah banyak jatuh korban laka lantas, akibat kerusakan jalan di daerah ini.

“Kita mengharapkan Pemprov Bengkulu segera memperbaiki kerusakan jalan di daerah 01ini, sehingga kasus laka lantas akibat terjebak ke jalan buruk tidak meningkat di daerah ini,” kata Ketua Komisi III DPRD Provinsi Bengkulu Suharto di Bengkulu, Senin (13/5).
Ia mengatakan hal itu usai memimpin rapat koordinasi dengan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bengkulu Azwar Boerhan. “Kita minta perbaikan jalan rusak, baik jalan kabupaten kota, provinsi dan jalan negara di daerah ini, diharapkan menjadi prioritas DPU setempat,” ujarnya.
“Kami harapkan pada tahun 2013, tidak ada lagi jalan yang berlobang di Bengkulu, apalagi sampai ditanami pisang oleh warga, karena kesal jalan rusak tidak kunjung diperbaiki oleh instansi terkait di daerah ini,” ujarnya seperti dilansir Antara.
Hal senada diungkapkan anggota Komisi III lainnya, Gustianto. Ia mengatakan, pada tahun ini dewan telah menyetujui dana perbaikan jalan di Bengkulu sebesar Rp 200 miliar. Dengan anggaran yang dialokasikan ini, diharapkan tidak ada lagi jalan provinsi di daerah ini yang berlubang.
Ia mengatakan, cukup banyak kasus lakalantas di Bengkulu, akibat terjebak lobang di jalan rusak. “Kita berharap kasus seperti ini ke depan tidak terjadi lagi. Karena itu, kita minta DPU Bengkulu segera memperbaiki jalan yang rusak di daerah ini, khususnya jalan provinsi dan negera,” ujarnya.
Selain itu, dewan juga mengharapkan Pemprov Bengkulu menertibkan angkutan kendaraan truk yang bermuatan melebihi tonase jalan, karena dapat mempercepat kerusakan di daerah ini.
Bahkan, jalan dalam wilayah Kota Bengkulu, banyak yang rusak dan berlubong karena dilalui angkutan berat yang tonasenya melebihi kapasitas jalan, seperti tru angkutan batubara. “Kami berharap kedua hal ini menjadi perhatian serius dari DPU Provinsi Bengkulu.
Sebelumnya, Kepala DPU Provinsi Bengkulu, Azwar Boerhan mengatakan, pihak telah memprogram untuk melakukan perbaikan di sejumlah ruas jalan provinsi dan nasional yang mengalami kerusakan di daerah ini.
“Sekarang kita masih dalam persiapan untuk melakukan perbaikan dan peningkatan jalan kabupaten dan nasional di Bengkulu. Kita akan berusaha semaksimal mungkin dengan anggaran yang ada memperbaiki jalan rusak tersebut,” ujarnya.
Bahkan, kata Azwar beberapa jalan nasional di Bengkulu, sudah mulai dilakukan perbaikan. Demikian pula jalan provinsi yang tersebar di beberapa kabupaten di Bengkulu, akan kita perbaiki dalam waktu dekat.
Sementara itu, Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Provinsi Bengkulu Ahmad Nurdin menegaskan, dalam Undang-undang No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan menyebutkan pemerintah dapat dituntut jika kondisi jalan terbukti mengakibatkan kecelakaan. “Bila kecelakaan itu mengakibatkan luka berat, maka dalam Undang-undang nomor 22 tahun 2009 pasal 273 ayat 2, penyelenggara jalan yang lalai dapat dituntut,” katanya.

Sementara jika korban tewas, lanjut dia, dalam Undang-undang tersebut, penyelenggara jalan yang lalai dapat dituntut dengan ancaman lima tahun penjara. “Kalau memang jalan rusak dan belum ada perbaikan agar diberi tanda, sehingga pengguna jalan bisa hati-hati,” ujarnya.(rga)

Flag Counter

Blog yang Saya Ikuti

The Daily Post

The Art and Craft of Blogging

Denna Mitra Indonesia

Layanan Bantuan Perumahan, Konsultasi Dan Pusat Informasi Perumahan (Dmi Property Agency)

Metro Koran

Berita Seputar Bengkulu dan Indonesia, Fakta Itu Nyata

Ilmu Hukum

Berbagi Penyelesaian Masalah Untuk Anda

The WordPress.com Blog

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

%d blogger menyukai ini: