Beranda » Metro Bengkulu » 22 Kelurahan di Kota Bengkulu Rawan Tsunami

22 Kelurahan di Kota Bengkulu Rawan Tsunami

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 118 pengikut lainnya.

Arsip


22 Kelurahan di Kota Bengkulu Rawan Tsunami

BENGKULU (METRO) – logo (KKI) Warsi bekerjasama dengan lembaga Mercy Coprs mendata sebanyak 22 dari 67 kelurahan di Kota Bengkulu, merupakan zona rawan dilanda tsunami. Alasanya, kelurahan tersebut berada di pesisir pantai di daerah itu.
“Ada 22 kelurahan di pesisir pantai barat Kota Bengkulu, yang rawan tsunami karena letaknya hanya satu sampai empat meter dari permukaan laut,” kata Koordinator KKI Warsi Bengkulu Nurkholis Sastro di Bengkulu, seperti dilansir Antara, pekan ini.

Dijelaskan, 22 kelurahan tersebut, terdapat di enam kecamatan yakni Kampungmelayu, Muarabangkahulu, Ratuagung, Ratusamban, Sungaiserut dan Teluksegara.

Kelurahan yang berada pada zona rawan tsunami di Kecamatan Kampungmelayu yakni Kandangmas, Muaradua, Padangserai, Sumberjaya, Teluksepang dan Kandang.

Sedangkan di Kecamatan Muarabangkahulu terdapat Kelurahan Bentiringpermai, Beringinraya, Rawamakmur, Rawamakmur Permai, Kandanglimun dan Bentiring.

Selanjutnya di Kecamatan Ratuagung terdapat Kelurahan Kebunbeler dan Lempung, Kecamatan Ratusamban yakni Kelurahan Anggutbawah, Penurunan dan Belakangpondok.

Sementara di Kecamatan Sungaiserut terdapat Kelurahan Pasarbengkulu, Semarang, Surabaya, Tanjungagung, Tanjungjaya dan Kampungkelawi dan sebagian wilayah Sukamerindu. “Ancaman untuk wilayah ini karena berada di sempadan Sungai Bengkulu yang sudah dekat ke muara,” katanya.

Sedangkan di Kecamatan Teluksegara terdapat Kelurahan Sumurmeleleh, Berkas, Pondokbesi dan Malabero. Pada 2013, katanya KKI Warsi dan Mercy Corps mendampingi empat kelurahan untuk program ketahanan lingkungan dengan inisiatif aktif pengurangan resiko bencana.
“Kami memilih empat kelurahan yaitu Pondokbesi, Padangserai, Kandang dan Penurunan,” katanya.

Alasan pemilihan empat kelurahan tersebut, selain padat penduduk, mencapai 10 ribu jiwa lebih, juga untuk menghindari tumpang tindih dengan program pengurangan resiko bencana yang digelar lembaga lain.

Ia mengatakan masyarakat akan dilatih untuk tiga tujuan utama yakni peningkatan pengetahuan dan keterampilan teknis tentang penanganan bencana. “Tujuan lain agar masyarakat membangun kelembagaan yang mampu menangani masalah kebencanaan,” ujarnya.

Selain itu, warga diharapkan mampu membangun kesepakatan-kesepakatan tentang rencana aksi untuk pengurangan risiko bencana.(rga)

 

About these ads

Flag Counter

KAMAMESHI BENTO

Bento Umami Yummmyyy.....!!!

LPKI JAWA TENGAH

LEMBAGA PENYULUHAN KANKER INDONESIA

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Denna Mitra Indonesia

“WITH US, THE WORLD IN YOUR HANDS”

Theme Showcase

Find the perfect theme for your blog.

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

Jetpack for WordPress

A super-plugin that brings dozens of cool enhancements to your blog

WordAds

High quality ads for WordPress

David Cummings on Startups

Over 1,800 posts on entrepreneurship and startups

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 118 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: